Sekilas Tentang Blue Ocean Strategy

Istilah Blue Ocean Strategy dalam beberapa tahun belakangan ini menjadi sebuah fenomena strategi bisnis baru ditengah semakin berkembangnya perusahaan-perusahaan di dunia.

Blue Ocean StrategyBlue Ocean Strategy disusun oleh 2 orang peneliti yg saat ini menjadi pengajar di INSEAD Blue Ocean Strategy Institute, yaitu prof W Chan Kim dan Renee A. Mauborgne. Keduanya melakukan penelitian terhadap lebih dari 30 industri yang ada didunia terkait strategi mereka dalam mengembangkan perusahaan mereka, hingga pada tahun 2005 keduanya meluncurkan buku yang menjelaskan tentang blue ocean strategy atau strategi samudera biru.

Sederhananya, menurut kedua profesor tersebut sebuah perusahaan untuk semakin maju dan berkembang haruslah keluar dari samudera merah dan beralih ke samudera biru. Samudera biru yang dimaksud adalah keluar dari pasar yang telah ada dan menciptakan pasar baru yang belum terjamah.

Keduanya menyebutkan beberapa langkah untuk membantu keluar dari samudera merah dan beralih ke samudera biru atau blue ocean, salah satunya adalah menggunakan ‘tools‘ kanvas strategi.

So, jika sobat bacaan ringan ingin tau lebih jauh tentang blue ocean strategy silahkan memiliki bukunya atau berkunjung ke website mereka.

Comments

comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 12 =