Simak! Ternyata Anda Bisa Merencanakan Bisnis dengan Balanced Scorecard (BSc)

Balanced Scorecard

Salam sobat bacaanringan.id, saat ini kita kembali berdiskusi tentang manajemen sedikit ya. Jika kemarin kita sempat mendiskusikan tentang Blue Ocean Strategy di sini, sekarang kita akan mencoba sedikit mendiskusikan tentang Balanced Scorecard atau yang biasa disingkat BSc.

BSc pertama kali dikembangkan oleh Kaplan dan Norton pada tahun 1992 dalam artikel mereka di Harvard Business Review edisi Januari-Februari 1992 (Suwardi Luis dan Prima A Biromo, 2007). Win Van Grembergen (2004) menyebutkan bahwa yang menjadi ide dasar Kaplan dan Norton adalah bawah evaluasi pada suatu organisasi tidak boleh dibatasi hanya pada evaluasi finansial tradisional, namun juga pada aspek-aspek lainnya.

Balance Scorecard

Sehingga BSc memiliki empat perspektif, yaitu perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Pada tahun 1996 Kaplan dan Norton melakukan revisi terhadap BSc yang mereka susun, sehingga muncul istilah peta strategi atau strategy map, yang kemudian dikembangkan kembali oleh keduanya pada tahun 2004.

Itulah sekilas tentang Balanced Scorecard atau BSc. Jika terdapat hal-hal yang dirasa kurang silakan sobat bacaanringan.id menambahkan pada kolom komentar di bawah. Jangan lupa untuk di share ya, agar yang lain bisa turut merasakan manfaat dari artikel ini.

Comments

comments