Membuat File “Eloquent Model” Secara Otomatis di Laravel

Membuat File "Eloquent Model" Secara Otomatis di Laravel

Halo Sobat bacaanringan.id.

Sebagaimana yang sudah jamak diketahui oleh para penggiat coding, bahwa ada kemudahan yang ditawarkan dalam framework laravel yaitu fungsi php artisan nya (artisan command), yang mana termasuk didalamnya adalah php-artisan untuk membuat file model secara otomatis. Dengan sekali eksekusi perintah artisan, misalnya “php artisan make:model –tablename–“, maka file model akan ter-create secara otomatis.

Namun ada yang perlu digarisbawahi sobat, bahwa file model hasil generate diatas hanyalah file kosongan. Maksudnya kosongan adalah hanya berisi baris kode class, tidak ada yang lainnya, seperti contoh berikut ini:

Nah sobat, kali ini saya akan berbagi tentang sebuah tool untuk laravel, yang mana fungsi dari tool tersebut adalah untuk membuat file model secara otomatis, sekaligus beserta function-function relasinya. Jadi kita bisa men-generate sebuah file model berdasarkan tabel tertentu, termasuk relasi-relasi yang ada dalam tabel tersebut.

Langsung saja sob, tool tersebut bernama Eloquent Model Generator (yang di-host di GitHub).

Membuat File “Eloquent Model” Secara Otomatis di Laravel

Eloquent Model Generator adalah tool untuk membuat file eloquent secara otomatis di laravel. File yang ter-generate dibuat berdasarkan tabel tertentu, beserta relasi-relasi yang ada dalam tabel tersebut.

Tool ini dibuat oleh akun github dengan username krlove.

Instalasi

  1. Tambahkan Eloquent Model Generator ke project anda.
  2. Tambahkan kode berikut ke GeneratorServiceProvider (config/app.php):
  3. Pastikan koneksi database anda sudah benar dan telah terkoneksi dengan baik.

Cara Penggunaan

Secara sederhana, eksekusi kode berikut ini untuk men-generate file model tertentu:

Contohnya, gunakan kode sederhana berikut ini untuk men-generate file model dengan nama file User.php, berdasarkan tabel users,


table-name

Gunakan option table-name ini untuk men-generate model berdasarkan nama tabel yang lebih spesifik, misalnya seperti dibawah ini:

Pada kasus diatas, file yang ter-generate akan ditambahkan properti protected $table = ‘user’.


output-path

By default, file yang ter-generate dari tool ini, akan disimpan di folder app, dan akan ditambahkan kode namespace App pada baris pertama.

Nah, jika anda ingin mengubah folder tujuan dan namespace sesuai dengan yang anda inginkan, maka tambahkan option output-path dan namespace dalam kode php-artisan anda.

Ada sedikit catatan untuk option output-path, bahwa output-path ini bisa berupa absolute path atau relative path:

  • Awali dengan tanda “/” (garis miring) untuk penulisan dengan absolute path. Misalnya, /var/www/html/app/Models
  • Untuk penulisan dengan relative path, cukup tuliskan nama file nya saja. Misalnya, Models. Dan file yang di-generate akan diletakkan dalam folder app.

base-class-name

By default, file yang ter-generate akan di-extend-kan dari Illuminate\Database\Eloquent\Model. Namun, jika anda ingin mengubah base-class nya, gunakan contoh kode berikut ini:

Untuk lebih lengkap, silakan sobat kunjungi situsnya melalui tautan ini, https://github.com/krlove/eloquent-model-generator.

Nah sobat bacaanringan.id, demikianlah apa yang bisa kami bagi. Tulisan ini bersifat sangat teknis, namun menurut kami masih ringan untuk dibaca dan diikuti.

Semoga harimu menyenangkan sobat!

Dan jangan lupa, like, comment dan share artikel ini jika memang bermanfaat.


Sumber artikel: https://github.com/krlove/eloquent-model-generator
Sumber gambar: https://justwriteclick.com/2016/11/12/learning-the-vocabulary-of-github-for-docs/

Comments

comments