Logo dan Tampilan Baru Youtube. Desain Material yang Fresh sampai Tampilan Hitam yang Elegan.

Logo dan Tampilan Baru YoutubeHalo sobat bacaanringan.id, belum lama ini Youtube meluncurkan secara resmi, logo dan tampilan baru youtube, baik pada aplikasi web desktop maupun aplikasi mobile. Hal ini sebagaimana yang dapat kita lihat pada Blog resmi mereka yang menuliskan tentang hal ini pada Selasa, 29 Agustus 2017 lalu. Kita akan sedikit membahasnya pada artikel ini.

Logo dan Tampilan Baru Youtube

Tidak terasa perjalanan situs video youtube telah sampai pada tahun ke-12. Dua belas tahun yang lalu Youtube hanya sebuah situs video yang hanya mendukung satu format video saja, yaitu 320 x 240 dengan aspek rasio 4:3. Kemudian sampai saat ini Youtube sudah sangat jauh melesat. Youtube telah memungkinkan anda untuk menonton kombinasi video SD, HD, 4K, 360, 3-D, dan melakukan video live streaming melalui koneksi internet.

Youtube dengan segala macam layanan yang disediakan terus berevolusi dari masa ke masa. Dan kemarin Youtube resmi merilis logo dan tampilan baru, baik pada aplikasi mobile maupun website mereka.

Tampilan Baru Website Youtube

Tampilan baru website youtube menerapkan konsep Material Design yang memberikan nuansa yang lebih fresh, simple dan user experience yang intuitif, dimana konten pada website begitu dikedepankan, karena bagaimanapun tidak ada yang lebih penting kecuali konten-konten video tersebut yang merupakan poin utama di dalam website youtube. Memang konsep desain material ini bagus banget. Buat kamu yang mau belajar tentang konsep desain ini bisa mampir ke panduan material design. Evolusi tampilan website youtube dari masa ke masa bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini.

Evolusi Logo dan Tampilan Baru YoutubeFitur yang paling kami suka pada tampilan versi terbaru Youtube ini adalah Tema Dark, alias tampilan dengan nuansa hitam atau gelap. Latar belakang yang gelap ketika kita menonton sebuah video akan menambahkan efek cinematic-nya gitu. Menurut kami fitur ini simple tapi keren. Sebelumnya fitur ini sempat bisa kita rasakan dengan sedikit “mengakali” ataupun menggunakan add on browser. Kita bisa dapati banyak tutorial mengenai hal ini di internet. Tapi sekarang fitur ini resmi ada di Youtube.

Bagaimana caranya mendapat Tema Dark di Youtube?

Caranya sangat mudah sobat bacaanringan.id. Langkah-langkahnya adalah seperti ini saja:

  • Klik icon profile di kanan atas
  • Klik Dark Theme
  • Klik ACTIVATE DARK THEME.

Selanjutnya Youtube kamu akan memiliki tampilan hitam yang elegan. Gambar di bawah ini contohnya. Kami sedang menonton Screencast Bacaan Ringan di Youtube Channel Bacaan Ringan dengan Tema Dark Youtube.

Tampilan Hitam Youtube

Kita jumpai juga youtube merilis logo baru. Logo tersebut didesain dengan proses yang serius dan tidak main-main tentunya. Kamu bisa lihat spesifikasi desain logo Youtube yang baru di Youtube Brand Resources. Logo yang baru ini dibuat untuk se-fleksibel mungkin. Fleksibel di sini maksudnya fleksibel disematkan pada berbagai macam perangkat dan ukuran screen, bahkan untuk screen yang paling kecil sekalipun. Ya memang semakin ke sini, kita lihat banyak produk-produk yang mengubah icon atau logo mereka menjadi konsep yang sangat simple dan minimalis. Seperti contoh nya Sublime Text, BitBucket, Attlassian, dan lain-lain.

Evolusi Logo dan Tampilan Baru Youtube

Fitur-fitur Baru Mobile App Youtube

Logo dan tampilan baru youtube juga diimplementasikan pada aplikasi mobile mereka dan memberikan sekian macam fitur-fitur yang keren. Pada blog resmi mereka, Youtube menjelaskan apa saja fitur-fitur tersebut. Mau tahu? yuk simak.

Desain Baru yang Clean

Youtube memberikan header dengan nuansa putih yang bersih dan mengedepankan konten kepada user. Tab navigasi dipindahkan ke bagian bawah aplikasi, sehingga menjadi lebih dekat dengan jempol pengguna mobile phone. Dengan ini akan membuat pengguna dengan mudah mengoperasikan aplikasi di dala genggaman tangan mereka.

Video yang Berputar atau Berjalan Semau Kita

Maksudnya? Youtube sedang mengerjakan dan berusaha memasukkan fitur gesture ke dalam aplikasi mereka. Pada awal tahun ini, mereka memperkenalkan sebuah fitur gesture yang dapat memajukan atau memundurkan sebuah video hanya dengan men-tap 2 kali bagian kanan atau kiri screen video. Sudah pernah coba? Coba deh sobat.

Bahkan beberapa bulan ke depan mereka sedang bereksperimen dengan fitur gesture yang dapat membuat kita berganti ke video lain hanya dengan melakukan swipe. Swipe ke kanan untuk melihat video selanjutnya dan swipe ke kiri untuk melihat video sebelumnya. Kita tunggu aja ya.

Youtube juga membawa fitur speed up dan slow down dari Web Desktop ke Mobile App mereka. Jadi kita bisa memutar video dengan kecepatan video yang kita mau.

Beradaptasi dengan Video Apapun

Maksudnya? Youtube bereksperimen bagaimana menampilkan semua macam jenis video dengan cara yang paling bagus. Youtube player akan dapat menyesuaikan bentuknya ketika menjalankan video dengan format tertentu secara otomatis. Misal, youtube akan dapat menyesuaikan bentuk playernya menjadi vertikal, horizontal atau segiempat. Bahkan, kita akan bisa melihat video vertikal (seperti video rekaman HP pada saat Portrait) tanpa terlihat bagian hitam di kanan dan kiri youtube player.

Untuk bagian ini, kami belum bisa menemukan fitur tersebut pada youtube player kami di perangkat mobile kami. Kamu gimana?

Cari-cari Video Lain saat sedang Nonton Video

Youtube baru saja merilis fitur yang membuat kita dapat melihat-lihat video-video yang direkomendasi / berhubungan dengan video yang sedang kita tonton dan itu dalam keadaan mode fullscreen. List video tersebut bisa kita temukan pada bagian bawah. Kita tinggal berikan gesture sedikit maka akan keluar list video tersebut. Dan kita bisa geser dan lihat-lihat dengan tetap pada mode fullscreen.

Logo dan Tampilan Baru Youtube Mobile App


Nah sobat Bacaan Ringan, itu dia sekilas tentang logo dan tampilan baru youtube. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa like, comment, share artikel-artikel dari Bacaan Ringan ya.


Referensi: Youtube Blog

Comments

comments