5 Hal Menarik Laravel yang Membuatnya Begitu Populer

Laravel LogoHalo Sobat bacaanringan.id. Dari sekian banyak framework yang tersedia untuk PHP, boleh dibilang Laravel menempati urutan teratas sebagai framework terpopuler. Kemunculannya sejak tahun 2012 yang lalu cukup membuat ramai dan berbondong-bondong para pengembang “mencicipi”nya. Penggunanya pun beragam, mulai dari yang profesional dengan jam terbang tinggi hingga yang masih tahap awal. Mari kita simak apa saja hal menarik laravel yang membuatnya begitu populer.


Lima Hal Menarik Laravel yang Membuatnya Begitu Populer

Lantas, apa saja hal-hal menarik dari Laravel yang membuatnya menjadi begitu digemari oleh para pengembang?

1. Selalu Meng-upgrade versi PHP

Sosok di balik lahirnya framework ini adalah Taylor Otwell. Pria berkebangsaan Amerika ini memulai proyek Laravel pada April 2011. Sebelumnya, dia pernah bekerja di Data-Tronics Corp. sebagai seorang system analyst.

Hal yang melatarbelakanginya membangun Laravel adalah tidak adanya framework yang up to date dengan versi PHP saat itu. Dari permasalahan itulah, Otwell menciptakan Laravel yang memang didesain khusus untuk digunakan pada PHP 5.3 ke atas. Adapun beberapa fitur baru pada PHP 5.3 yang dapat dimaksimalkan dengan Laravel antara lain namespace, anonymus function, dan autoloading. Inilah hal menarik laravel yang pertama.

2. Keamanan yang terjamin

Tugas seorang pengembang tidak berhenti ketika jari-jarinya menyelesaikan sebuah program yang menghasilkan tampilan menarik dan powerful. Lebih dari itu, keamanan aplikasi merupakan hal yang tidak boleh luput diperhatikan. Kita tentu tidak ingin bukan, situs web yang sudah dikerjakan dengan setengah mati tiba-tiba dengan mudahnya menjadi korban hacking?

Hal menarik laravel lainnya adalah besar dan luasnya komunitas Laravel membuat keamanan program menjadi lebih terjamin. Masalah kemanan dasar seperti sanitasi dan validasi data, autentikasi, pengamanan csrf, dan lain-lain telah dilakukan dengan baik oleh Laravel. Apabila terdapat lubang pada keamanannya, pengembang tentu akan segera tahu dan merilis pembaharuannya. Kita pun cukup dengan melakukan update framework ke versi teranyar. Mudah, bukan?

3. Ekspresif

Ketika menggunakan Laravel, kemungkinan besar Kita tidak perlu membaca untuk kedua kalinya untuk memahami maksud dari syntax yang dituliskan. Pasalnya, statement yang diberikan untuk sebuah perintah sangat jelas.

Laravel meminimalisasi penulisan parameter yang bersifat flagging. Sebagai gantinya, framework ini akan membuat dua fungsi yang berbeda. Pendekatan semacam ini tentu lebih memudahkan pengembang—terutama bagi yang masih awam.

4. Sederhana

Ada banyak fitur Laravel yang membuatnya menjadi begitu sederhana sekaligus elegan pada saat yang bersamaan. Seperti contoh untuk masalah routing, Kita dapat menggunakan pattern front controller. Pola ini dapat membantu Kita membuat sebuah aplikasi dengan url yang kompleks tetapi cukup dengan sebuah fail indeks.

Selain routing, beberapa fitur lainnya yang dapat memudahkan kinerja Kita adalah Eloquent ORM (mempermudah pengambilan semua data yang ada pada table user), Bundles (sistem pengemasan modular), Class Auto Loading (loading otomatis), dan masih banyak lainnya.

5. Composer

Jika Kita perlu untuk mengunduh sebuah atau beberapa library, Composer akan mengerjakannya dengan sangat mudah dan efisien. Kita tidak perlu lagi harus mengunduh library yang satu dan lainnya yang masih berhubungan satu per satu. Dependency manaeger tool yang satu ini akan melakukan unduhan sekaligus instalasi library yang Kita butuhkan sekaligus library lainnya yang terkait.

Menggunakan tool ini pun sama mudahnya. Kita hanya perlu membuat fail pada direktori, memasukkan library yang diinginkan pada command prompt, lalu memberi perintah instal.


Itulah lima hal yang menarik dari Laravel sehingga digemari begitu banyak pengembang. Beberapa pihak juga kerap menyebutkan bahwa framework yang satu ini juga cocok digunakan untuk teamwork, lebih efisien (termasuk soal biaya), dan lain-lain. Bahkan, situs webnya yang menarik pun tak luput dari salah satu alasan kepopulerannya.

Hmmm… tertarik mencoba sob?


Nah sobat bacaanringan.id, demikianlah apa yang bisa kami bagi. Dan jangan lupa, like, comment dan share ya. Kunjungi dan juga subcribe Channel Youtube Bacaan Ringan untuk screencast-screencast ringan seputar IT lainnya.

Comments

comments