Mengendalikan Komputer dari Jarak Jauh dengan Chrome Remote Desktop

Mengendalikan Komputer dari Jarak Jauh dengan Chrome Remote DesktopCara Menggunakan Chrome Remote Desktop sangat dibutuhkan untuk diketahui bagi pemula yang ingin menggunakan Chrome Remote Desktop. Meskipun bukan hal baru dalam dunia teknologi, mengendalikan komputer dari jarak jauh menjadi pilihan untuk sebagian orang agar memudahkan dalam penggunaannya.

Setelah secara resmi Google meluncurkan Chrome Remote Desktop yang merupakan aplikasi untuk Chrome, kamu bisa menikmati layanannya melalui Android milikmu. Dengan begitu kamu akan dimudahkan untuk mengakses PC (MAC, Windows dan Linux) dari perangkat Android kapan saja kamu memiliki waktu dan dimana saja kamu berada.

Dengan kata lain, jika kamu sudah memiliki aplikasi ini dalam Android kamu, kamu bisa mengakses fitur yang kamu miliki dalam PC. Cukup dengan mengakses internet WiFi dan 3G maka kamu bisa menggunakan chrome remote dekstop pada perangkat Android.

Cara Menggunakan Chrome Remote Desktop

Ukuran perangkat ini 20 Mb, lebih besar dibandingkan dengan perangkat lain yang memiliki kemampuan yang sama, contohnya TeamViewer yang ukuranya hanya 4 Mb sekalipun untuk versi paling baru. Untuk mengakses Chrome Remote Desktop juga tidak begitu sulit cukup dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Koneksi internet pada PC maupun Android Anda harus stabil. Untuk PC (MAC, Linux dan Windows) bisa digunakan sedangkan untuk Android dengan 4.0.
  2. Unduh dan jalankan Chrome Remote Desktop pada PC kamu melalui Chrome Apps Launcher.
  3. Chrome Remote Desktop akan memberikan petunjuk kepada kamu. Setelahnya pada bagian My Computers klik Get Started dilanjutkan dengan Enable Remote Connection.
  4. Setelahnya masukan PIN sesuai dengan keinginan.
  5. Kemudian ulangi memasukan PIN.
  6. Pada bagian My Computers yang tampil selanjutnya Anda cukup klik OK.
  7. Beralih dari PC kamu, jalankan Chrome Remote Desktop yang ada pada Android kamu. Klik refresh jika kamu tidak menemukan nama komputer kamu.
  8. Masukan PIN sesuai yang kamu buat tadi.
  9. Setelahnya tampilan layar komputer akan berada pada layar Handphone kamu.
  10. Cukup dengan menyentuh screen kamu, kamu bisa menggerakan kursor pada PC.
  11. Klik object untuk klik kanan. Tahan pada ikon object untuk mengeser atau memindah.
  12. Scroll wheel dengan menyatukan tiga jari Anda pada layar. Scroll cukup menyapukan dua jari kamu.

Hasilnya seperti gambar di bawah ini sobat. Jadi tampilan komputer kamu bisa muncul di monitor handphone Android kamu. Dan kamu bisa mengendalikan cursor komputer kamu melalui Android.

Komputer dikendalikan dengan HP Android menggunakan Chrome Remote Desktop

Kelebihan Chrome Remote Desktop

Kelebihan Chrome Remote Desktop akan sangat menguntungkan untuk kamu yang menggunakannya. Selain dari memudahkan kamu dalam mengakses komputer dari jarak yang jauh, aplikasi ini sudah tersedia pada windows tanpa perlu kamu men-download-nya terlebih dahulu.

Tidak hanya mengendalikan PC kamu dari jauh, kamu juga bisa mengendalikan dan mengakses PC lain dari Android kamu. Tentunya dengan menggunakan aplikasi ini akan memudahkan kamu. Free, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk mengaksesnya karena Gratis.

Kekurangan Chrome Remote Desktop

Kekurangan Chrome Remote Desktop selain dari kelebihan yang akan menguntungkan penggunanya, Chrome Remote Desktop juga masih memiliki kekurangan. Bagi kamu yang ingin menggunakan aplikasi untuk memudahkan kamu mengakses komputer, kamu harus memiliki akun Google terlebih dahulu.

Selain itu karena ukurannya yang lebih besar, kamu harus memiliki koneksi internet yang stabil dari PC dan Android kamu karena kerja dari aplikasi ini sangat tergantung dari koneksi internet yang kamu miliki. Untuk mengakses komputer lain, kamu harus mengetahui PIN dari komputer tersebut. Sayangnya aplikasi ini belum bisa untuk mentransfer file.

Kesimpulan

Chrome Remote Desktop tentunya akan membantu untuk memudahkan kamu untuk mengakses komputer dan fitur di dalamnya tanpa harus mengoprasikan langsung dari komputer tetapi bisa melalui perangkat Android hanya saja aplikasi ini masih memiliki kekurangan sekalipun sudah tercover dengan kelebihannya.


Nah sobat bacaanringan.id, demikianlah apa yang bisa kami bagi. Dan jangan lupa, like, comment dan share ya. Dan juga follow Facebook Bacaan Ringan untuk mengikuti bacaan-bacaan ringan lainnya. Salam Bacaan Ringan!

 

Comments

comments