Blackberry KeyOne, Raja Qwerty Berseragam Android

Blackberry KeyOne, Raja Qwerty yang Mengusung Android

Halo Sobat bacaanringan.id.

Masih ingat dengan hape BlackBerry? Sekitar 5-10 tahun silam, Blackberry menggebrak dunia dengan mengeluarkan ponsel dengan signature keyboard-nya. Apa yang dilakukan oleh pabrikan asal Kanada ini akhirnya ditiru oleh pabrikan besar seperti Nokia atau ponsel negeri Tirai Bambu yang masuk Indonesia. Saat itu, hampir semua ponsel menggunakan keyboard qwerty yang memudahkan pengguna dalam mengetik pesan. Blackberry KeyOne, ini adalah seri terbaru Blackberry, namun berbasis Android. Kenapa berbasis Android?

Begitu era Android masuk, lambat laun Blackberry kehilangan penggunanya. Bahkan, layanan chat Blackberry Messanger pun dirilis ke Play Store untuk tetap mempertahankan user loyal. Dari sini, Blackberry akhirnya mati suri hingga akhirnya meluncurkan seri terbaru BlackBerry KeyOne yang sudah mengusung sistem operasi Android terbaru (dalam hal ini Nougat).

Blackberry KeyOne, Raja Qwerty Berseragam Android

Mari kita bahas sedikit tentang BlackBerry KeyOne ini,

Keyboard Qwerty yang Sempurna

Selama ini, ponsel Android selalu identik dengan layar sentuh dan keyboard virtual yang muncul saat kita akan mengetik sesuatu. Namun, Blackberry KeyOne tetap mempertahankan keyboard fisik yang berada di bawah layar. Pengguna bisa merasakan lagi sensasi mengetik dengan menekan tombol yang telah didesain dengan sangat sempurna.

Oh ya, keyboard yang digunakan pada ponsel ini sangat presisi meski responsnya agak sedikit terlambat. Selanjutnya, keyboard yang digunakan juga bisa digunakan untuk shortcut atau jalan pintas. Setidaknya pengembang Blackberry KeyOne memasukkan 52 kunci jalan pintas yang digunakan untuk menjalankan fungsi dari ponsel.

Desain Bodi dan Keamanan

Desain bodi dari Blackberry KeyOne sangat elegan. Ponsel ini menggunakan 2 warna yaitu hitam pada bagian depan dan belakang serta aksen perak yang terletak di bagian tengah bodi. Perpaduan warna ini juga didukung dengan bentuk bodi yang mudah digenggam dan ringan saat digunakan. Ponsel ini juga cukup tipis sehingga mudah dimasukkan ke dalam kantong.

Untuk menunjang keamanan, ponsel yang sudah mengusung teknologi terbaru Nougat ini menyematkan biometric finger print. Sedikit berbeda dengan ponsel zaman sekarang, teknologi ini disematkan pada bodi dengan sempurna sehingga tidak terlihat semacam bulatan menonjol atau menjorok pada bodi. Fitur ini membuat ponsel pengguna jauh lebih aman.

Display yang Tidak Terlalu Lebar

Satu hal yang cukup disayangkan dari Blackberry KeyOne adalah displainya yang tidak terlalu lebar. Karena memiliki keyboard fisik, pengguna hanya bisa menikmati layar 4,5 inci saja. Padahal ponsel terkini sudah banyak yang menggunakan layar 5 inci ke atas untuk memaksimalkan tampilan layar.

Tidak Memiliki Dual SIM

Kekurangan terbesar yang membuat banyak pengguna harus berpikir dua kali sebelum membeli Blackberry KeyOne adalah slot kartu SIM. Saat banyak kompetitor menawarkan ponsel dengan dua kartu SIM yang aktif bersamaan, ponsel ini justru memberikan satu slot kartu SIM. Jika saja slot ini ditambah satu sehingga menjadi dua, mungkin akan banyak pengguna yang ingin mencobanya.

Perangkat Lunak Terbaru dan Aplikasi Pendukung

Perangkat lunak yang digunakan oleh Blackberry KeyOne (hingga artikel ini ditulis) sudah memiliki versi 7.1.1 Android. Semua kemampuan terbaik dari sistem operasi ini sudah disematkan dengan baik sehingga pengguna bisa memanfaatkannya untuk bekerja atau mendukung aktivitas harian lainnya.

Selain mendukung teknologi terbaru dari Android, ponsel ini juga memiliki aplikasi bernama Blackberry Hub. Dengan teknologi ini semua perpesanan bisa diakses dari satu tempat saja. Hal ini memuudahkan pengguna untuk membalas pesan tanpa harus membuka banyak aplikasi terlebih dahulu.

Inilah sedikit bahasan tentang ponsel terbaru dari Blackberry yang mencoba melakukan penetrasi pasar. Ponsel ini cocok untuk pekerja atau seseorang yang membutuhkan gadget untuk menunjang kegiatan bisnis. Untuk hiburan, ponsel ini cukup mendukung karena memiliki RAM 3 GB dan  memori internal 32 GB.


Nah sobat bacaanringan.id, demikianlah apa yang bisa kami bagi. Jangan lupa, like, comment dan share artikel ini jika memang bermanfaat. Follow juga Facebook Bacaan Ringan ya untuk artikel-artikel ringan lainnya.


*Diolah dari berbagai sumber

Comments

comments